Skip to main content

Page Rank & Alexa Rank

Menanggapi suka cita dari Blog salah satu penulis di Blog ini yang Blognya langsung mendapat PR3 disini saya mencoba sedikit mengulas menurut pengetahuan saya sendiri tentang peringkat -peringkat blog diantaranya yaitu: Page Rank & Alexa Rank

Display Pagerank

Sebagian besar Bloger akan mendambakan mendapat Page Rank angka tinggi dan Alexa Ranking angka rendah.
Nah pertanyaannya...seberapa pentingkah keduanya (Alexa Rank & PageRank)….., Sebelum pertanyaan itu terjawab sebaiknya kita tahu sedikit tentang definisi Alexa Ranking & Page Rank.

Definisi Alexa Ranking menurut pembuatnya kutipan dari Alexa.com (http://www.alexa.com/ )
------------------------------------------------------------------------------------------------------
Alexa Traffic Rank:
The traffic rank is based on three months of aggregated historical traffic data from millions of Alexa Toolbar users and is a combined measure of page views and users (reach). As a first step, Alexa computes the reach and number of page views for all sites on the Web on a daily basis.

The main Alexa traffic rank is based on the geometric mean of these two quantities averaged over time (so that the rank of a site reflects both the number of users who visit that site as well as the number of pages on the site viewed by those users).
------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kira - kira maksudnya adalah:
Peringkat Alexa didasarkan pada banyaknya trafik atau kunjungan terhadap website atau blog ,dan data trafik historis lalu lintas data dari jutaan pengguna Toolbar Alexa.

Bisa dikatakan hasil peringkat ini adalah informasi dari jutaan pengguna internet yang memasang/menancapkan Toolbar alexa pada browser internet yang mereka gunakan. Jadi kalau ndak ada Toolbar Alexanya informasi data ndak nyampek ke Mbak Alexa.

Peringkat Alexa dimulai dari angka 1 sampai selanjutnya, angka 1 adalah yang terbaik.

Nah kalau Page Rank itu apa...? ini dikutip dari Om Wiki (http://id.wikipedia.org/wiki/PageRank)
PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakan link yang mengarah ke situsnya ( Backlink ), dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10. Angka 10 adalah yang terbaik.

Contoh: Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil.


Sekarang kembali ke pertanyaan diatas seberapa pentingkah peringkat –peringkat ini..?,
Bagi anda pemilik website atau blog yang tidak menjadikan web atau blognya tersebut untuk mencari uang di internet peringkat – peringkat ini tidaklah begitu berguna., tetapi ini bisa dijadikan tolak ukur seberapa Populer web atau blognya tersebut.

Lain halnya bagi mereka pemilik website atau blog yang menjadikannya sebagai suatu sarana untuk mencari penghasilan atau uang di internet peringkat – peringkat ini menjadi amat sangat penting . Semakin bagus Alexa Rank & PageRank mereka semakin banyak para pemasang iklan atau adverstiser yang mau memasang iklan di web atau blog mereka, berarti semakin banyak dollar ($) yang singgah di kantong mereka.

Nah para Bloger tinggal pilih mau dijadikan apa website atau Blog kita …..he..he..he








Bookmark and Share

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tampilan Dashboard & widget baru untuk Blogger

Belum lama  blogspot mengeluarkan fitur statistik & Comment Published blog pada dashboard BlogerDraft blogspot anda, Kini Blogger Statistik & Comment Published telah ada di blogger.com bukan lagi draft.blogger.com . Jadi bagi Anda yang suka memakai Blogger, bisa menikmati fitur ini dengan mudah tanpa harus buka draft blogger. Selain itu, Blogger Statistik juga melakukan improvisasi pada fitur-fiturnya, lihat gambar dibawah: Selain penambahan fitur Dasbor sekarang ada berita menggembirakan dari blogspot karena tim blogspot mengeluarkan gadget Popular Post dan Blog Stats yang bisa di tambahkan di add element pada blogspot anda. Dari segi SEO kedua widget tersebut yaitu Popular Posts dan Blog Stats akan membantu anda dalam hal optimasi SEO karena popular post setidakanya membantu anda untuk menaikkan ranking post dan juga bisa menambah pageview blog anda, sedangkan untuk blog statistik akan membantu anda menganalisa sejauh mana teknik SEO yang anda lakukan pada blog, baik

Statistik terintegrasi penuh fitur untuk Blogger

Meskipun beberapa dari Anda menggunakan Google Analytics atau alat lain pihak ketiga untuk melacak lalu lintas blog Anda, banyak blogger menginginkan sebuah tool statistik yang terintegrasi yang mudah digunakan, maka telah hadir statistik terintegrasi penuh fitur untuk Blogger. Nah..pihak Blogger telah mengumumkan bahwa  dalam Blogger in Draft sekarang telah terintegrasi fitur statistik baru . Silahkan  pergi ke Blogger in Draft , dan Anda akan melihat sebuah Tab "Statistik baru" . Anda tidak perlu menginstal atau mengkonfigurasi apa pun untuk mulai melihat penggunaan dari Statistik baru ini. Hal keren tentang Statistik Blogger baru adalah bahwa anda bisa memonitor dan menganalisis lalu lintas pengunjung Anda secara-real-time. Anda dapat melihat seberapa banyak kunjungan dalam posting anda dan situs yang mengirimkan lalu lintas ke  blog Anda sekarang.  Tentu saja, lalu lintas data bisa ditampilkan secara periodik (hari / minggu / bulan), dan historis lalu linta

Jejaring sosial Indonesia

Saat browsing di mbah Google aku temukan banyak sekali jarsos ala facebook yang rata-rata mengunakan platform Jcow yaitu suatu framework gratis dan berbayar yg di peruntukkan untuk membangun website ala facebook uniknya source framework ini sangat kecil sekali sehingga sangat mudah untuk dikembangkan dan bisa di download gratis pada web asalnya  Jcow. dan gratis digunakan asal mencantumkan Atribution web pembuatnya kecuali yang berbayar. Tetapi sayangnya banyak sekali para webmaster kita kurang menghargai hasil karya orang , dengan seenaknya menghilangkan atribution seakan hasil buatannya sendiri. Dibawah ini adalah contoh website Jcow gratis yg pengembangnya masih mencantumkan Atribusi pembuatnya. 1. facemain.net (gratis) Dari segi Design juga fitur menurut saya sangat interaktif, banyak fitur dan modul  yang tidak dimiliki oleh situs Jcow kebanyakan, juga kecepatan loading yg lumayan ( walaupun share server ), banyak webmaster Jcow menjadi member situs ini. 2. temanku.ne