Skip to main content

Setting MsWord 2003 & WinXp ke Arab

Memenuhi request dari seorang sahabat melalui ShoutBox (di Blog saya yang lain) sedang mencari software untuk menulis huruf arab, sebenarnya kita bisa menulis huruf arab dengan software yang umum sering kita gunakan, kita hanya menset ulang system kita. Untuk melakukan itu syaratnya sistem kita harus WindowsXp dan Ms Word 2003 harus sudah terinstall di dalammya.

Yang harus Kita siapkan untuk Konfigurasi ulang yaitu : CD Installer Windows Xp sesuai system kita (Service Packnya berapa).

Berikut ini cara setting atau konfigurasinya:

Langkah pertama adalah dengan mengklik Start > Control Panel > Regional and Language Option, maka akan muncul jendela menu sperti di bawah ini .

Selanjutnya double klik pada “Regional anda Language Options” pilih “Language” seperti pada gambar di bawah ini :

Setelah muncul gambar seperti di atas berilah tanda v / Contreng ( dengan mengklik) kotak atau kolom “ pada Install file for …….” dan Install files for East…..” pada saat anda memberi tanda checklis akan muncul dialog seperti di bawah ini.


Lanjutkan dengan Klik OK, begitu juga seterusnya . Setelah selesai maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini

Setelah itu klik Apply maka system akan otomatis mengistall file-file Arabic yang diperlukan seperti gambar di bawah ini ( tapi jangan lupa sebelum anda klik Apply masukkan terlebih dahulu CD Windows XP SP1 atau SP2 ke dalam CD Rom Anda karena semua file arabic anda ada di dalam CD tersebut)


Setelah selesai silahkan restart komputer anda


Langkah selanjutnya adalah kita buka kembali Control Panel > Regional and Language Options.


Kemudian ganti format negaranya menjadi Arabic (Saudi Arabia) seperti pada gambar di atas kemudian klik Apply maka pada icon toolbar akan muncul seperi gambar di bawah ini, kalau anda ingin mesetting format lainnya bisa anda lihat atau klik pada tombol Customize kalau tidak biarkan default saja

Untuk mengetik arabic silahkan klik Arabic (Saudi Ara bia) pada icon Language Bar. Sebelum anda mengetik ada beberapa hal lagi yang harus kita konfigurasi yaitu:
Buka MS Word aktifkan tombol menu toolbar sperti gambar di bawah ini untuk memudahkan anda dalam mengetik Arab.

Jika anda klik pada icon seperti gambar di atas maka cursor akan berada atau mulai sebelah kanan sesuai tulisan arab begitu juga sebaliknya.

Kemudian sekarang cobalah untuk mengetikkan angka Arab misalnya nomor 1 s.d 10. Apa yang terjadi? Ternya angaka tidak mau berubah ke bentuk Angka Arab. Bagaimana acara mengatasinya ? Solusinya adalah Buka MS Word pilih> Tool >Options >kemudian pilih kolom Complex Scripts pada jendela seperti pada gambar di bawah ini :

kemudian pada Kolom Numerial Pilih “Context” biarkan yang lain default, kemudian OK cobalah untuk mengetik nomor 1 s.d 10 Apa yang terjadi ? dijamin akan muncul angka Arabicnya.

Sampai disini anda sudah berhasil mengisntall atau mengkonfigurasi Windows XP SP1 atau SP 2 menjadi Windows XP Arabic.

Ada beberapa hal yang ingin saya beritahukan kepada anda : Untuk memudahkan anda mengetik Arab dan memudahkan anda dalam mengganti dari arabic ke English atau sebaliknya maka yang anda harus lakukan adalah :

Klik View > Toolbar > Customize, kumudian klik “ Command” pilih “ Format “
kemudian carilah icon EN / AR ( Keyboard Languange).

Setelah ketemu klik pada iconya (klik rendam / klik hold) kemudian tarik /pidahkan / move ke Toolbar pada MS Word seperti gambar di bawah ini

Setelah selesai klik close, Sekarang komputer anda siap digunakan untuk mengetik arab tanpa harus menggunakan tools software apapun selain dari Windows XP.

Satu lagi, anda pasti masih bingung, karena tombol di keyboard anda bukan huruf Arab. Berarti anda harus mencoba satu persatu fungsi tombol di keyboard anda, misalnya huruf alif ada di tombol H, huruf lam ada di tombol G dll. Sedangkan untuk memberikan syakal pada tulisan Arab anda maka anda tinggal menekan tombol shift+Q untuk syakal Fatah, shift+A untuk syakal Kasroh, shift+E untuk syakal Dlomah dll. untuk layout keyboard lihat dibawah.

Semoga Bermanfa'at.

Bookmark and Share

Comments

  1. Makasih atas informasinya , dengan secara detail, sobat

    ReplyDelete
  2. Makasih atas informasina dengan secara detail, kawan, maaf ya tulisan arab gandeng ga ya .

    ReplyDelete
  3. Makasih ya atas unfonya
    sekali lagi makasihh , boss

    ReplyDelete
  4. Makasih ya atas infonya
    sekali lagi makasihh , boss

    ReplyDelete
  5. @ kumel: Sama-sama kalau ingin request lagi kesini ya..barang kali saya bisa bantu..di link ya blog ini..kalau berkenan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tampilan Dashboard & widget baru untuk Blogger

Belum lama  blogspot mengeluarkan fitur statistik & Comment Published blog pada dashboard BlogerDraft blogspot anda, Kini Blogger Statistik & Comment Published telah ada di blogger.com bukan lagi draft.blogger.com . Jadi bagi Anda yang suka memakai Blogger, bisa menikmati fitur ini dengan mudah tanpa harus buka draft blogger. Selain itu, Blogger Statistik juga melakukan improvisasi pada fitur-fiturnya, lihat gambar dibawah: Selain penambahan fitur Dasbor sekarang ada berita menggembirakan dari blogspot karena tim blogspot mengeluarkan gadget Popular Post dan Blog Stats yang bisa di tambahkan di add element pada blogspot anda. Dari segi SEO kedua widget tersebut yaitu Popular Posts dan Blog Stats akan membantu anda dalam hal optimasi SEO karena popular post setidakanya membantu anda untuk menaikkan ranking post dan juga bisa menambah pageview blog anda, sedangkan untuk blog statistik akan membantu anda menganalisa sejauh mana teknik SEO yang anda lakukan pada blog, baik

Statistik terintegrasi penuh fitur untuk Blogger

Meskipun beberapa dari Anda menggunakan Google Analytics atau alat lain pihak ketiga untuk melacak lalu lintas blog Anda, banyak blogger menginginkan sebuah tool statistik yang terintegrasi yang mudah digunakan, maka telah hadir statistik terintegrasi penuh fitur untuk Blogger. Nah..pihak Blogger telah mengumumkan bahwa  dalam Blogger in Draft sekarang telah terintegrasi fitur statistik baru . Silahkan  pergi ke Blogger in Draft , dan Anda akan melihat sebuah Tab "Statistik baru" . Anda tidak perlu menginstal atau mengkonfigurasi apa pun untuk mulai melihat penggunaan dari Statistik baru ini. Hal keren tentang Statistik Blogger baru adalah bahwa anda bisa memonitor dan menganalisis lalu lintas pengunjung Anda secara-real-time. Anda dapat melihat seberapa banyak kunjungan dalam posting anda dan situs yang mengirimkan lalu lintas ke  blog Anda sekarang.  Tentu saja, lalu lintas data bisa ditampilkan secara periodik (hari / minggu / bulan), dan historis lalu linta

Jejaring sosial Indonesia

Saat browsing di mbah Google aku temukan banyak sekali jarsos ala facebook yang rata-rata mengunakan platform Jcow yaitu suatu framework gratis dan berbayar yg di peruntukkan untuk membangun website ala facebook uniknya source framework ini sangat kecil sekali sehingga sangat mudah untuk dikembangkan dan bisa di download gratis pada web asalnya  Jcow. dan gratis digunakan asal mencantumkan Atribution web pembuatnya kecuali yang berbayar. Tetapi sayangnya banyak sekali para webmaster kita kurang menghargai hasil karya orang , dengan seenaknya menghilangkan atribution seakan hasil buatannya sendiri. Dibawah ini adalah contoh website Jcow gratis yg pengembangnya masih mencantumkan Atribusi pembuatnya. 1. facemain.net (gratis) Dari segi Design juga fitur menurut saya sangat interaktif, banyak fitur dan modul  yang tidak dimiliki oleh situs Jcow kebanyakan, juga kecepatan loading yg lumayan ( walaupun share server ), banyak webmaster Jcow menjadi member situs ini. 2. temanku.ne