Skip to main content

Template Blogger KACAU !!!!!

Template blogger kacau ? Benar, akhirnya penulis sempat juga mengalaminya. Kenapa ya ?

Beberapa hari terakhir ini, penulis dipusingkan dengan kacaunya tampilan blog yang penulis miliki DI SINI. (Maaf nggak bisa kasih screenshot contoh masalahnya, soalnya masalahnya sudah beres).

Dimulai dengan berpindahnya posisi sidebar kanan menjadi berada tepat di bawah postingan, lalu dilanjutkan dengan pindahnya elemen di atas footer (yang berjumlah tiga kolom) ke tempat yang mestinya ditempati sidebar kanan. Walahh ... kacau deh pokoknya.

Saking pusing and stress-nya, aku nyerah !! Bayangin aja, dua hari dua malem nggak tidur bro .... tetep nggak nemuin jawabannya.

Eksperimen yang sudah dicoba :
  • Ganti template kembali ke template standar yang disediakan blogger (minima) dengan meng-klik menu Pick New Template (Menu Layout > Pick New Template>. Gak bisa !!
  • Mengembalikan settingan template ke default-nya dengan meng-klik Revert widget templates to default (Lihat gambar). Gak Bisa !!
  • Buat blog baru sebagai dummy pakai template minima, lalu download full template. Nah template download-an ini diupload lagi ke blog yang bermasalah tadi. Gak Bisa !!
  • Download template di luaran sana, lalu diupload. Gak Bisa !!
  • Coba dengan cara membuka file xml template yang di-download tadi dengan Wordpad, Copy semua isi file-nya, lalu masuk ke menu Layout, beri centang pada Expand Widget Templates, dan di-paste-kan di sana. Gak Bisa !!
  • Sekarang beralih ke cara yang lebih rumit lagi. Utak-atik kode CSS untuk sidebar dan main wrapper-nya. Tetep aja Gak Bisa !!
PUSIIIIIIIIINNNNGGGG .............!!!????

Saking suntuknya, and saking stressnya, dengan membabi buta aku klik and klik ngawur aja. (Gelap mata deh ...!!). Eh .... AJAIB !!!. Tampilan blogku jadi kembali normal seperti sediakala !!. Busyett !!. Kenapa ya ... ?

Usut punya usut, dan dipikir-pikir lagi dengan hati dan kepala dingin (ini yang paling penting bro.... melakukan segala sesuatu itu mesti tenang, gak boleh emosi, karena aura emosi yang negatif bisa mempengaruhi apapun yang sedang kita kerjakan), ternyata begini hasilnya ....

Kasus di atas terjadi karena blog saya tadi udah make' fasilitas auto readmore yang didapat dari luar sana, terus mengaktifkan read more versi baru milik blogger tanpa menghapus yang lama, GITU ....

Nah, cara penyembuhannya gimana ?
Tinggal pilih aja, tetep pake yang model lama, atau beralih ke fasilitas blogger yang baru.
Kalo pake' model lama, ya kembalikan settingan Posting Editor ke versi lama. Caranya seperti biasa, langsung masuk ke blogger, tuju pada bagian Setting, pilih Basic, lalu tandai pilihan Old Editor. Klik Save Setting. Lalu masuk pada menu Posting > Edit Post. Cari semua postingan yang terlanjur sudah memakai fasilitas read more versi baru. Masuk ke mode Edit Html, cari dan hapus kode <--read more-->. Klik Publish Post. Selesai.

Kalo pengin pake fasilitas blogger yang baru, tentu saja mesti menghapus kode-nya. Biasanya berupa kode javascript dan html.
Masuk ke blogger, pilih Layout, Edit Html, dan hapus kode yang membuat auto readmore tadi. (Kodenya berbeda-beda tergantung siapa yang membuatnya).

Nah, itulah pengalaman yang bisa penulis bagi buat sahabat blogger. Semoga bisa menjadi manfaat dan petunjuk buat semuanya. Mungkin salah, tapi mungkin juga benar. Yang jelas, itulah yang terjadi dengan penulis kemaren. Mohon koreksi dari para master blogger jika ada yang kurang dan salah.

Makasih atas perhatiannya....


Bookmark and Share

Comments

  1. Salah dan benar itu masalah penilaian, cak. tapi yg penting kan blog-nya bisa jadi seperti sedia kala, tetap eksis, bs online, bikin postingan, belajar terus. koreksi tinggal orang laen...oke...brow...sukses selalu...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tampilan Dashboard & widget baru untuk Blogger

Belum lama  blogspot mengeluarkan fitur statistik & Comment Published blog pada dashboard BlogerDraft blogspot anda, Kini Blogger Statistik & Comment Published telah ada di blogger.com bukan lagi draft.blogger.com . Jadi bagi Anda yang suka memakai Blogger, bisa menikmati fitur ini dengan mudah tanpa harus buka draft blogger. Selain itu, Blogger Statistik juga melakukan improvisasi pada fitur-fiturnya, lihat gambar dibawah: Selain penambahan fitur Dasbor sekarang ada berita menggembirakan dari blogspot karena tim blogspot mengeluarkan gadget Popular Post dan Blog Stats yang bisa di tambahkan di add element pada blogspot anda. Dari segi SEO kedua widget tersebut yaitu Popular Posts dan Blog Stats akan membantu anda dalam hal optimasi SEO karena popular post setidakanya membantu anda untuk menaikkan ranking post dan juga bisa menambah pageview blog anda, sedangkan untuk blog statistik akan membantu anda menganalisa sejauh mana teknik SEO yang anda lakukan pada blog, baik

Jejaring sosial Indonesia

Saat browsing di mbah Google aku temukan banyak sekali jarsos ala facebook yang rata-rata mengunakan platform Jcow yaitu suatu framework gratis dan berbayar yg di peruntukkan untuk membangun website ala facebook uniknya source framework ini sangat kecil sekali sehingga sangat mudah untuk dikembangkan dan bisa di download gratis pada web asalnya  Jcow. dan gratis digunakan asal mencantumkan Atribution web pembuatnya kecuali yang berbayar. Tetapi sayangnya banyak sekali para webmaster kita kurang menghargai hasil karya orang , dengan seenaknya menghilangkan atribution seakan hasil buatannya sendiri. Dibawah ini adalah contoh website Jcow gratis yg pengembangnya masih mencantumkan Atribusi pembuatnya. 1. facemain.net (gratis) Dari segi Design juga fitur menurut saya sangat interaktif, banyak fitur dan modul  yang tidak dimiliki oleh situs Jcow kebanyakan, juga kecepatan loading yg lumayan ( walaupun share server ), banyak webmaster Jcow menjadi member situs ini. 2. temanku.ne

Statistik terintegrasi penuh fitur untuk Blogger

Meskipun beberapa dari Anda menggunakan Google Analytics atau alat lain pihak ketiga untuk melacak lalu lintas blog Anda, banyak blogger menginginkan sebuah tool statistik yang terintegrasi yang mudah digunakan, maka telah hadir statistik terintegrasi penuh fitur untuk Blogger. Nah..pihak Blogger telah mengumumkan bahwa  dalam Blogger in Draft sekarang telah terintegrasi fitur statistik baru . Silahkan  pergi ke Blogger in Draft , dan Anda akan melihat sebuah Tab "Statistik baru" . Anda tidak perlu menginstal atau mengkonfigurasi apa pun untuk mulai melihat penggunaan dari Statistik baru ini. Hal keren tentang Statistik Blogger baru adalah bahwa anda bisa memonitor dan menganalisis lalu lintas pengunjung Anda secara-real-time. Anda dapat melihat seberapa banyak kunjungan dalam posting anda dan situs yang mengirimkan lalu lintas ke  blog Anda sekarang.  Tentu saja, lalu lintas data bisa ditampilkan secara periodik (hari / minggu / bulan), dan historis lalu linta